Riarich's Weblog

M.I.C.E

Apakah M.I.C.E itu?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas:

MICE, singkatan bahasa Inggris dari “Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” (Indonesia:Rapat, Insentif, Konvensi, dan Pameran), dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah suatu kecenderungan pada para pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi “Meeting Industry“. Dunia MICE adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. Namun baru sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun di Indonesia sudah mulai ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan tentang MICE. Di antaranya adalah Universitas Indonesia. Berada di bawah departemen Antropologi FISIP UI, ada jurusan D3 Pariwisata yang memiliki tiga pilihan konsentrasi antara lain perhotelan, usaha jasa perjalanan wisata budaya, dan Mice. Untuk konsentrasi MICE, diketuai oleh Ibu Aris Miyati Nasution. Ia adalah pakar MICE Indonesia. Ia bisa dikatakan sebagai sesepuh dunia MICE Indonesia. Selama satu tahun konsentrasi mahasiswa akan diberikan berbagai teori tentang dunia Mice yang sangat besar potensinya. Dunia MICE di Indonesia masih sangat besar potensinya untuk digali sedalam mungkin. Banyak negara yang sudah menjadikan dunia MICE sebagai salah satu potensi wisatanya.

Perusahaan/ Organisasi/ Group anda perlu Jasa MICE & Events? Hubungi Creative Destination Management-Hotline-021-33028423Seperti Jepang dengan “Tokyo Motor Show”, Jerman dengan “Frankfurt Motor Show”, dan lain sebagainya. Bahkan berbagai biro perjalanan wisata telah membuat paket wisata mengunjungi berbagai event MICE di berbagai belahan dunia. Ini adalah potensi bisnis yang besar. Dunia MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Sangat banyak lapangan pekerjaan yang tercipta dari adanya event MICE di suatu negara. Puluhan roda industri di dunia akan berputar dengan baik karena ada event MICE. Pihak pihak yang akan mendapat keuntungan dari event MICE antara lain:

Professional Exhibition Organizer (PEO),

Professional Conference Organizer (PCO),

Stan Kontraktor,

Freight Forwarder,

Supplier,

Florist,

Event Organizer,

Hall Owner,

Tenaga kerja musiman,

Percetakan,

Transportasi,

Biro Perjalanan Wisata (BPW),

Agen Perjalanan Wisata (APW),

Hotel,

Perusahaan Souvenir,

UKM,

dan masih sangat banyak lagi.

Perkembangan MICE di Bali sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan. Adanya elemen-elemen pariwisata terkait seperti Dinas Pariwisata Daerah Bali yang juga bekerjasama dengan Bali Hotel Association, INCCA (Indonesia Congress & Convention Association), ASITA, Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), dan institusi serupa membuat Bali sebagai tujuan MICE di dunia selanjutnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya event dunia yang diselenggarakan di Bali seperti UNFCC dan Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Di Bali juga banyak terdapat pakar-pakar serta praktisi pariwisata yang sekaligus menjadi pakar MICE, antara lain I Ketut Jaman, Martinus Pake Seko, I.B Lolec Surakusuma, I Nyoman Madiun, dan I Made Suradnya yang juga menjadi dosen pengajar di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali. Banyaknya pelaku yang terkait disebabkan karena Industri MICE tidak berdiri sendiri tetapi ditopang oleh komponen-komponen yang tak terhitung jumlahnya termasuk instansi pemerintahan.

Disamping itu, perkembangan MICE di Bali telah menjamah sektor perhotelah di Bali, dimana hampir semua hotel berbintang 5 di Bali memiliki fasilitas standar meeting seperti meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut. Biasanya MICE di organisIr oleh Banquette Department. (sumber: wikipedia bahasa indonesia)

Pengertian MICE :

Menurut Pendit (1999:25), Mice diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan : usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

Sedangkan menurut Kesrul (2004:3), Mice sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan sekelompok orang secara bersama-sama, rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

Bentuk Mice :
1. Meeting
Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting merupakan suatu kegiatan yang termasuk di dalam MICE.
Menurut Kesrul (2004:8), Meeting Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.
Menurut Kesrul (2004:3), “Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”.
2. Incentive
Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Kesrul (2004:18), bahwa insentive merupakan hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen. Bentuknya bisa berupa uang, paket wisata atau barang.
Menurut Any Noor (2007:5) yang dikutip dari SITE 1998 dalam Rogers 2003, juga memberikan definisi mengenai incentive adalah incentive travel is a global management tool that uses an exceptional travel experience to motivate and/or recognize participants for increased levels of performance in support of the organizational goals.
3. Conference
Menurut (Pendit,1999:29), Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandung pengertian sama.
Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim mice sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition hakekatnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. Kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkan dalam sati kategori, yaitu mice.
Menurut Kesrul, (2004 :7), Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenai bentuk-bentuk tata karena, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara para penguasa pemerintahan atau perjanjian international mengenai topik tawanan perang dan sebagainya.
4. Exhibition
Exhibition berarti pameran, dalam kaitannya dengan industri pariwisata, pameran termasuk dalam bisnis wisata konvensi. Hal ini diatur dalam Surat Keputusan Menparpostel RI Nomor KM. 108 / HM. 703 / MPPT-91, Bab I, Pasal 1c, yang dikutip oleh Pendit (1999:34) yang berbunyi “ Pameran merupakan suatu kegiatan untuk menyebar luaskan informasi dan promosi yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata
Menurut Kesrul (2004:16), exhibition adalah ajang pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama yang diadakan di suatu ruang pertemuan atau ruang pameran hotel, dimana sekelompok produsen atau pembeli lainnya dalam suatu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda.

Pertimbangan pelaksanaan Mice
Menurut Kesrul (2004:9), dalam penyelenggara kegiatan MICE, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Penetapan lokasi dan ruang MICE
a. Dalam penentuan terjadi 2 kemungkinan sebagai berikut :
- Pihak klien yang menetapkan dan mengkonfirmasikan lokasi tempat penyelenggaraannya. Pihak perencana tidak meneruskan proses lebih lanjut.
- Perencana mutlak menentukan lokasi dan tempat pertemuan, misalnya menyelenggarakan suatu seminar atau workshop atau konferensi.
b. Pertimbangan tempat penyelenggara secara geografis dengan spread of the person attending : terlalu jauh dari tempat peserta, kecuali khususnya seperti no.1b, peserta yang memerlukan sekali seminar dan konferensi tersebut.
c. Pertimbangan dalam menentukan kondisi sekitar lokasi dimana pertemuan akan digelar.

2. Perlengkapan fasilitas MICE
Menurut Kesrul (2004:90) Perlengkapan fasilitas dan pelayanan kesekretariatan dari pertemuan atau konferensi amat beragam sehingga tidak ada standar yang berlaku umum.Dalam menentukan perlengkapan suatu pertemuan perlu memahami dengan seksama beberapa hal berikut :
- Jenis pertemuan dan lamanya
- Jumlah peserta
- Jumlah ruangan yang dibutuhkan
- Jenis dan jumlah equipment yang diperlukan
- Bentuk pengaturan tempat duduk
- Akomodasi peserta mice

3. Penanganan transportasi
Meeting planer atau PCO bertanggung jawab dalam pengaturan transportasi bagi keseluruhan peserta MICE. Menurut Kesrul (2004:104), ada enam point dalam pengaturan transportasi yaitu :
- Transprtasi udara
- Airport shuttle service
- Multiple property shuttle
- VIP transportation
- Local tour
- Staff transportation.

4. Pelayanan makanan dan minuman
Menurut Kesrul (2004:113), Mengemukakan bahwa agar acara pertemuan atau konferensi berjalan dengan lancar dan mengurangi complaint makanan dan minuman. Seorang meeting manager perlu memeriksa lokasi dan penempatan reguler food and beverage, room service and banquet capabilities. Evaluasi kualitas makanan dan minuman meliputi appearance and attractiveness, cleanliness, dan jenis serta variasi makanan dan minuman pada saat ramai (peak hours) untuk mengetahui ketersediaan stok pelayanan dan keterampilan. Termasuk harga yang sesuai dengan penawaran, di samping itu apakah perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Apakah restaurant tersebut melayani permintaan khusus atau tambahan menyangkut lay out dan jenis makanan dan minuman.

5. Akomodasi
Berikut ini daftar penanganan akomodasi yang harus di cek:
- Akomodasi sesuai harapan peserta
- Penginapan : Jumlah kamar, tipe kamar dan tempat tidur
- Kamar gratis untuk panitia atau komite : jumlah, tipe, dan fasilitas yang harus dibayar
- Kamar khusus untuk organisasi dan tamu resmi : jumlah, tipe, dan harga.

Perusahaan/ Organisasi/ Group anda perlu Jasa MICE & Events? Hubungi Creative Destination Management-Hotline-021-33028423

Related Links:

http://www.unlv.edu.sg/mice/coursedescription.html

http://www.venuemagz.com/

17 Responses to "M.I.C.E"

Hi, salam kenal..

Bagus kak blognya mengulas tentang dunia MICE.. kebetulan saya juga alumni konsentrasi MICE di UI dan memang untuk di Indonesia kurikulum dan fasilitas pembelajaran mengenai MICE masih seadanya ya kak. Padahal peluangnya besar dan cakupannya luas.

Halo salam kenal Septi, betul sekali, di tempat saya mengajar juga hanya 1×90 menit per minggu saja mata kuliah MICE ini, namun memang saat ini di hampir semua pendidikan tinggi wajib diselenggarakan makul ini… :)

saya mau tanya ada gak daftar perusahaan yang bergerak di bidang MICE di indonesia dan singapura?
karena dalam waktu dekat ini saya harus melakukan PKL jadi butuh sekali informasi mengenai perusahaan- perusahaan tersebut
terimaksih,

Hallo Elick, maaf baru dibalas. Sudah menemukan informasi tsb? Sudah cukup banyak perusahaan yg bergerak di MICE, biasanya bermula dari travel agent main businessnya dan kemudian diadakan divisi MICE.

Saya ingin membantu anda menambah informasi disini. Kampus pertama yang mendirikan pogram study MICE adalah POLITEKNIK NEGERI JAKARTA dibawah naungan INCA dan Kemenparektif.

Hi,
Coba di re-check untuk sejarahnya..
Yang saya tau, dulu ada beberapa orang dosen politeknik yang belajar di Departemen Antropologi Fisip UI bidang studi Pariwisata untuk mempelajari MICE. Dan baru kemudian diterapkan di politeknik :D sekian pendapat dari saya.. thanks :)

Hallo Ramzi, terimakasih sekali info dari Anda… :)

Gw memiliki relasi khususnya semua kepsek sma se kota bekasi, dlm waktu dekat gw ada orderan unt tour kunjungan kerja ke sekolah2 favorit di sin dan kul, gw butuh tour leader 1 org untuk membawa ke sin dan kul unt akomodasi dan trip serta tour guide gw serahkan ke GTA, gw cm butuh org yg mendampingi aj untuk proses baik dibandara saat arr dan dept. Jika ad yg minat email detail diri lo ke email rick_jkt@yahoo.co.id gw cuma cr yg pengalaman. Ada bonus menarik

mohon maaf baru dibalas karena ada penggantian management di perusahaan kami. Walaupun sangat terlambat, kami akan mengirimkan data orang yg berpengalaman ke e-mail anda, siapa tahu anda membutuhkannya di kemudian hari. Terimakasih!

Tanya : apakah punya paket wisata ke sukabumi dan sekitarnya sabtu minggu untuk keluarga dari Jakarta.

Misalkan jumat malam dari Jakarta, sabtunya bisa melihat wisata pantai sampai minggu siang lalu kembali ke Jakarta?

Salam

mohon maaf baru dibalas karena ada penggantian management di perusahaan kami. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan update di blog ini, paket wisata sukabumi untuk keluarga/ group dari luar kota. Terima kasih!

Hallo Ria, Wah keren sekali Weblognya , Iya ternyata banyayk sekali ya Potrensi Wisata Negara Kita yang belum tergali

Mari Mari siapa tahu kita bisa salin sinergi an

Bangun Indonesia

Hallo Charles, terimakasih atas tanggapannya, mohon maaf baru dibalas karena ada penggantian management di perusahaan kami. Amiin, semoga bisa bersinergi!

Di wilayah Sukabumi khususnya didaerah Selabintana, ada penginapan yang kami bisa rekomendasikan sbb:
Hotel Taman Sari bintang 2, Hotel Pangrango Bintang 3, dan lain2. dan ada juga yang masih di daerah Bogor, spt Hotel Lido bintang 4, Hotel Avia Bintang 3.
Seluruh hotel tersebut mempunyai fasilitas, Meeting room dan Swimming Pool.
Kalau kami boleh tahu acara nya untuk kapan dan berapa orang agar kami bisa siapkan proposal penawarannya.
Terima kasih
Waroengwisata.

Di sekitar wilayah bogor/ sukabumi, tempat yang cocok untuk family gathering apa ya? soalnya lg pengen ngadain family gathering nih (nyari EO yang bagus)….kalau cocok mungkin bisa kerja sama :)

Thanks robby, ditunggu yaa…

wah bgus juga wordpressnya……tar kapan2 ke slabintana ah…mau cari kenalan orang slabintana siapa tau ibu bisa pandu saya hehhehehe…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


  • riarich: Hallo Ramzi, terimakasih sekali info dari Anda... :)
  • riarich: Hallo Elick, maaf baru dibalas. Sudah menemukan informasi tsb? Sudah cukup banyak perusahaan yg bergerak di MICE, biasanya bermula dari travel agent m
  • riarich: Halo salam kenal Septi, betul sekali, di tempat saya mengajar juga hanya 1x90 menit per minggu saja mata kuliah MICE ini, namun memang saat ini di ham

Categories

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: